Kamis, 16 Maret 2017

RANGKUMAN ILMU BUDAYA DASAR

  •  LATAR BELAKANG MEMPELAJARI ILMU BUDAYA DASAR
Latar belakang ilmu budaya dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendikiawan mengenai sistem pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan sistem pendidikan pemerintahan Belanda pada masa penjajahan. Sampai sekarang, sistem pendidikan yang terkotak-kotak telah menghasilkan banyak tenaga ahli yang berpengalaman dalam disiplin ilmu tertentu. Padahal pendidikan itu seharusnya lebih ditujukan untuk menciptakan kaum cendikiawan daripada mencetak tenaga yang terampil. Para lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat berperan sebagai sumber utama bagi pembangunan Negara secara menyeluruh. untuk itu mahsiswa bukan hanya harus dibekali dengan budaya dasar negara tapi harus dibimbing juga untuk menciptakan budaya yang baru yang lebih positif dari sebelumnya. seperti:

1. Dalam hal mewujudkan generasi mahasiswa yang baik, mahasiswa harus memiliki :
  1. mahasiswa diharapkan dapat memiliki nilai akademis yang baik untuk dapat bersaing dengan mahasiswa luar negeri, bukan hanya itu saja mahasiswa harus dapat menguasai cara berkomunikasi dengan baik dan ilmiah, dapat menguasai keterampilan dalam bidang yang dikuasi sebab untuk memberikan contoh budaya yang baik pada generasi selanjutnya harus dimulai dari generasi sebelumnya dan dapat menjadikan hal tersebut sebagai budaya yang baru yang dapet diwariskan ke kegenerasi selanjutnya.
  2. mahasiswa harus dapat mengajak generasi selanjutnya agar tidak lupa dengan budaya santun yang ada diindonesia sebab hal tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap negara dan juga generasi selanjutnya seperti prilaku, adab, dan tingkah laku serta pemahaman terhadap agama hingga pola pikir yang lebih luas.  
2. Dalam bentuk konteks budaya negara
  1. seiring berjalannya waktu perubahan teknologi dan pembangunan juga dapat mengakibatkan pergeseran nilai budaya sebelumnya, tergantung dari generasi tersebut apakah dapat memanfaatkan perubahan itu menjadi hal posistif atau bah kan dapat juga berubah menjadi hal negatif.
  2. mahasiswa diharuskan untuk dapat mempertahankan budaya negara yang ada dan melestarikannya hingga ke manca negara agar dapat dilihat oleh setiap insan manusia yang ada di negara lain.
  3.   
  • TUJUAN MEMPELAJARI ILMU BUDAYA DASAR
  • Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. 
  • Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman, kesederajatan, dan kemartabatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika, dan moral dalam kehidupan bermasyarakat. 
  • Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan mahkluk sosial yang beradab dalam mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya dan mampu memecahkan masalah social budaya secara arif. 
  • Memahami dan menyadari adanya
  • enyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat. 
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya. 
  • Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner. 
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial dimasyarakat.
  •  
    • APA HUBUNGANYA ILMU BUDAYA DASAR  DENGAN MANUSIA & KEBUDAYAAN
    Hubungan ilmu budaya dasar dengan manusia dan budaya itu sangat kental sekali dan penting sekali sebab hidup didalam suatu negara tanpa adanya ilmu budaya prilaku manusia yang ada didalamnya akan kacau sebab agama juga tercipta dari budaya yang diturunkan dari manusia manusia sebelumnya yang menjadi panduan agar manusia itu sendiri dapat hidup dengan baik dan damai. kemudian hal-hal yang menjadi penting untuk dipahami bahwa budaya dasar selain untuk membuat prilaku manusia menjadi baik juga bertujuan untuk menyebarkan atau mengajarkan juga kepada generasi yang selanjutnya agar budaya tersebut dapat dijaga dan dilestarikan.

    • APA HUBUNGANNYA ILMU BUAYA DASAR DENGAN KESUSTRAAN 
    Sastra berasal dari kata castra berarti tulisan. Dari makna asalnya dulu, sastra meliputi segala bentuk dan macam tulisan yang ditulis oleh manusia, seperti catatan ilmu pengetahuan, kitab-kitab suci, surat-surat, undang-undang, dan sebagainya. Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi-materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni.Budaya Indonesia sanagat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.
     
    referensi :
     http://nadyarizkiamalia.blogspot.co.id
     https://vidyakanshapurnagita.wordpress.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar