Sabtu, 07 Januari 2017

TUTORIAL MEMBUAT RANGKAIAN MULTIVIBRATOR MONOSTABIL PADA PROTEUS

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SCHEMATIC RANGKAIAN PADA PROTEUS



pada langkah-langkah kali ini saya akan mempraktikan sedikit tentang cara membuat schematic rangkaian pada software proteus, rangkaian yang saya praktikan kali ini bernama multivibrator monostabil 
Monostable multivibrator merupakan salah satu pengembangan oscliator tipe relaksasi dengan pemicu (trigerred). Multivibrator monostable memiliki satu kondisi stabil sehingga sering juga disebut sebagai multibrator one-shot. Saat osilator terpicu untuk berubah ke suatu kondisi pengoperasian, maka pada waktu singkat akan kembali ke titik awal pengoperasian. Konstanta waktu dari rangkaian tank circuit RC menentukan periode waktu perubahan keadaan. Rangkaian memiliki dua kondisi yaitu kondisi stabil dan kondisi tak stabil. Rangkaian akan rileks pada kondisi stabil saat tidak ada pulsa. Kondisi tak stabil diawali dengan pulsa pemicu pada masukan. Setelah selang waktu 0,7 R2C1, rangkaian multivibrator kembali ke kondisi stabil. Rangkaian monostable multivibrator tidak mengalami perubahan sampai ada pulsa pemicu yang datang pada jalur input oscilator.

 langkah 1


hal pertama yang dilakukan adalah membuka software proteus maka anda akan melihat hal yang sama pada gambar diatas, didalam proteus itu sendiri terdapat bebearapa icon yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. disini saya tidak akan menjelaskan banyak tentang icon icon tersebut, yang saya akan jelaskan mungkin yang pentingnya saja diantaranya bagaimana cara mencari komponen, mencari simbol output, input dan ground. 

langkah 2 








hal kedua yang harus dilakukan adalah mencari komponen apa saja yang terdapat dalam rangkaian multivibrator monostabil dengan cara mengklik icon " P " ( PICK FROM LIBRARIES) kemudian diketik saja apa yang ingin dicari misalnya battery/sumber tegangan,transistor 2N3397, Resistor 1k, 10k, dioda dan lain-lain. setelah semua komponen yang dicari sudah terkumpul maka kita akan menuju langkah ke 3.

langkah ke 3 


setelah komponen tersebut terkumpul, mulailah kita untuk menyusun komponen tersebut sebaik mungkin untuk mempermudah membaca jalur rangkaiannya dengan cara klik caja komponen tersebut kemudian diklik lagi dilayar proteusnya, untuk mencari icon input, output dan ground klik saja terminal mode icon yang ada di sebelah kiri.


 langkah ke 4 

   
setelah komponen tersusun mulailah untuk membuat jalur penghubung antar komponen sesuai dengan gambar rangkaian multivibrator monostabil dengan cara klik pada kaki komponen kemudian dihubungkan dengan kaki komponen yang lainnya seperti gambar diatas.


langkah ke 5


setelah semua rangkaian sudah terhubung sesuai dengan gambar rangkaian multivibrator monostabil maka kita akan menuju tahap akhir yaitu menambahkan nama agar lebih menarik dengan cara klik icon 2D TEXT GRAPHIC MODE yang berada di kiri layar. 

mungkin itu saja yang bisa saya bagi kepada para pembaca semoga tutorial ini dapat dipraktikan. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar